Senin, 13 Desember 2010

Kurikulum

PENJABARAN KALENDER PENDIDIKAN


Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur, dengan penjelasan sebagai berikut :
1. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran.
2. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran.
3. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan local, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
4. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran yang terjadwal. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

Alokasi Waktu pada Kalender Pendidikan dijabarkan sebagai berkut :

No. Kegiatan Alokasi Waktu Keterangan
1.


2.


3.


4.



5.


6.


7.


8. Minggu efektif belajar


Jeda tengah semester


Jeda antar semester


Libur akhir tahun pelajaran


Hari libur keagamaan


Hari libur umum/nasional


Hari libur khusus


Kegiatan khusus sekolah 34 – 38 minggu


Maksimum 2 minggu

Maksimum 2 minggu

Maksimum 3 minggu


2 – 4 minggu


Maksimum 3 minggu

Maksimum 1 minggu

Maksimum 3 minggu Digunakan untuk kegiatan pembelajarn efektif

Satu minggu tiap semester


Antara semester I dan II


Digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun pelajaran

Disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah

Disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah

Mengikuti kegiatan daerah


Digunakan untuk kegiatan yang diprogramkan secara khusus oleh sekolah tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.







Mengetahui, Kedungadem, 12 Juli 2010
Kepala SMPN 1 Kedungadem Wakil Kepala Sekolah 1,


Drs. Mu’allim Dahlan, M.Pd.I. Mokhamad Riono, S.Pd.
NIP. 19540612 198703 1 008 NIP. 19671026 198901 1 002













KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM


A. KERANGKA DASAR KURIKULUM
1. Kelompok Mata Pelajaran
a. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
b. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
c. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
d. Kelompok mata pelajaran estetika.
e. Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan.

Cakupan Kelompok Mata Pelajaran.
No. Kelompok Mata Pelajaran Cakupan
1 Agama dan Akhlak Mulia Untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2 Kewarganegaraan dan Kepribadian Untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotism bela Negara, penghargaan terhadap hak-hak azasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab social, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.
3 Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta menbudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4 Estetika Untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan bermasyarakat sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmoni.
5 Jasmani, Olah raga dan Kesehatan Untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual maupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial da mewabah.

2. Prinsip Pengembangan Kurikulum
a. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungan.
b. Beragam dan terpadu
c. Tanggap terhadap perkembangan ilmupengetauan, teknologi, dan seni.
d. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
e. Menyeluruh dan berkesinambungan.
f. Belajar sepanjang hayat.
g. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

3. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
a. Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisipeserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.

b. Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan lima pilar belajar :
1. Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Belajar untuk memahami dan menghayati.
3. Belajar untuk mempu melaksanakan dan berbuat secara efektif.
4. Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain.
5. Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

c. Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan dan moral.

d. Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka dan hangat, dengan prinsip Tut wuri handayani, Ing madia mangun karsa, Ing ngarsa sung tulada.

e. Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip Alam takambang jadi guru.

f. Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, social dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.

g. Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan local dan pengembangan diri diselenggarakan dengan keseimbangan, keterkaitan dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan.











B. SRUKTUR KURIKULUM
Struktur Kurikulum SMP Negeri 1 Kedungadem
Komponen Kelas dan Alokasi Waktu
VII VIII IX
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Matematika
6. Ilmu Pengetahuan Alam
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
8. Seni Budaya
9. Pend. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Muatan Lokal
1. Bahasa Jawa
2. Keterampilan Pembukuan
3. Life Skill

C. Pengembangan Diri
2
2
4
5
4
5
4
2
2
2


1
1
2

2
2
4
5
4
5
4
2
2
2


1
1
2

2
2
4
5
4
5
4
2
2
2


1
1
2

Jumlah 36 36 36

PENJELASAN :
a. Kurikulum SMP Negeri 1 Kedungadem memuat 10 (sepuluh) mata pelajaran, 3 (tiga) muatan local, dan pengembangan diri.
b. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “IPA terpadu” dan “IPS Terpadu”.
c. Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 40 menit.
d. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34 – 38 minggu.
e. Pengembangan diri dilaksanakan di luar jam pelajaran, meliputi :
1. Mental Agama
2. Olahraga prestasi :
a. Bola Voli
b. Futsal
c. Sepak Takraw
d. Bulu tangkis
e. Tenis meja
3. Kesenian :
a. Seni music (band)
b. Seni tari
c. Paduan suara
d. Seni drama
4. Jurnalistik
5. Joyfull English Learning (JEL)
6. Sience Club
f. Pengembangan diri yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan social, belajar dan pengembangan karir peserta didik, dilakukan melalui kegiatan pelayanan Bimbingan dan Konseling (BK).





Mengetahui, Kedungadem, 12 Juli 2010
Kepala SMPN 1 Kedungadem Wakil Kepala Sekolah 1,


Drs. Mu’allim Dahlan, M.Pd.I. Mokhamad Riono, S.Pd.
NIP. 19540612 198703 1 008 NIP. 19671026 198901 1 002













KALENDER PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 KEDUNGADEM
TAHUN PELAJARAN 2010/2011









 Kalender Pendidikan
 Hari Efektif, Efektif Fakultatif, Hari Libur Sekolah
 Penjabaran Kalender Pendidikan
 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
 Pembagian Tugas Mengajar












PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 KEDUNGADEM
JL. RAYA NO. 216 TELP. (0353) 351057 KEDUNGADEM BOJONEGORO


PROGRAM KEGIATAN
WAKIL KEPALA SEKOLAH








SMP NEGERI 1 KEDUNGADEM
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
















PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 KEDUNGADEM
JL. RAYA NO. 216 TELP. (0353) 351057 KEDUNGADEM BOJONEGORO


JURNAL KEGIATAN WAKIL KEPALA SEKOLAH

Bulan :
No. Minggu Ke Waktu Uraian Kegiatan Tempat Catatan





























Mengetahui, Kedungadem, 12 Juli 2010
Kepala SMPN 1 Kedungadem Wakil Kepala Sekolah 1,


Drs. Mu’allim Dahlan, M.Pd.I. Mokhamad Riono, S.Pd.
NIP. 19540612 198703 1 008 NIP. 19671026 198901 1 002

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda